Kaastengel

Kaastengel

Makin ngebut bikin kue kering menjelang Ramadhan…

Kali ini bikin Kaastengel. Tiga resep Sedap Sekejap menghasilkan 3 toples segi delapan Hardtop 500 gram-an, plus satu toples yang sama berisi remukannya… xixixi. Bandel siiiihh.. Udah tau komposisi maksimal butter dalam cookies itu 50%.. ini kenapa bikinnya jadi 67 persen Bu?? Jadinya cookiesnya prull banget deh. DIsenggol dikit aja buyar.. Tapi its ok lahh.. Asal Handlingnya lemah lembut bakalan aman sentosa deh sampe mulut yang makan..;-).

Gak cuma itu sodara-sodara.. kebandelan kedua.. kejunya pake edam (ayam emas) 100%. Padahal nih.. taun lalu bikin 50% edam aja asinnya yang sedikit terlalu udah kedetect ama orang QC di rumah.. (my hubby maxudnya).. Lha ini.. kok 100%.. Mau tau alesannya??       Abis penasaran sih.. bakal seasin apa kalo pake edam semua… hihihi.. (Lha iseng sih bikin 3 resep sekaligus). Biarin deh nanti kayaknya Kaastengelnya bakalan awet karena orang-orang keasinan.

Niatnya awal sih tadinya mau pake keju parmesan yang kata temen2 di NCC nggak terlalu asin. Tapi kok ya mau beli parmesan males bener mesti ke TBK.. Ya sutra lah.. lain kali ketemu ya mba Par..

Resepnya yang ini nih..

KAASTENGEL
(bySedap Sekejap)

125 g mentega
2 kuning telur
25 g tepung maizena
150 g terigu
1/4 sdt baking powder
100 g keju edam, parut
50 g keju cheddar, parut panjang untuk hiasan
1 kuning telur untuk olesan

1. Kocok mentega dan kuning telur sampai lembut, masukan keju edam, aduk
rata.
2. Ayakkan terigu, baking powder dan maizena di atas adonan, aduk rata.
3. Bentuk panjang (lk 3 cm), olesi permukaannya dengan kuning telur. Taburi
keju parut. Oven sampai matang.

Notes dari aku :

  1. Kocok mentega jangan lama-lama nanti terlalu ngembang cookiesnya jadi gak cantik
  2. Cetakinnya yang paling cepet masukin piping bag, gunting ujungnya seukuran standard, semprotin panjang, potong2 3 cm.. tata di loyang.
  3. Olesan kuning telurnya aku tambahin butter leleh 2 sdm…

~ by rohmah on August 20, 2009.

2 Responses to “Kaastengel”

  1. halo mba rohmah, jd pengen nyobain bikin kastengel pake spuit nih, susah/keras gak sih mba nyepuitnya? trus ovennya brp derajat mba? sukses yach🙂

    • Halo Mba Fitri,
      Gak pake spuit kok mba.. pake plastik segitiga doang.. Bolongin ujungnya trus teken, jadi keluar panjaangg.. gitu, tinggal kita potong2 aja seragam. Abis itu tinggal tata di loyang, oles kuning telur, tabur keju. So gak perlu gilas adonan kayak cara biasa yg di gilas rata terus di cetak pake cetakan kaastengel. Sangat irit waktu menurutku sih.. Tekan adonannya dari kantung segitiga si emang mayan berat gitu deeh..🙂
      Oh ya..suhunya 150.. kira1 20 menitan deh ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: