Pennylane Cookies

Punya stock couverture Lindt ama Colatta.. Cari-cari ide mau diapain ya nih coklat .. dimakan gitu aja kok masih banyak banget.. blenger baru bayanginnya aja.. Di bikin cake nanti gak berasa mahalnya.. wakakaka.. secara gitu bokk.. harganya bikin nangis dompett…
Akhirnya nemu resep yang cucok… Mba Riana kan ada resep Cookies coklat yang baru.. *yes yes*
Meski agak horor dengan cara bikinnya.. plus testimoni dari para fans yang coba bikin tapi gatot.. (bikin makin parno) hihihi.. Tapi lucu deh ada yang pake cetakan muffin supaya kalo nanti beleber tetep terarah.. ada yang belebernya jadi kayak brownies… . Baca-baca itu sih jadi semakin penasaran juga….

Akhirnya pada suatu pagi yang dingin (jam 3 pagi bokk), gw bangun mengendap-ngendap takut Inaz bangun… Turun ke dapur.. nimbang2 bahan (resepnya udah khatam diluar kepala soalnya udah seminggu dikelonin).. dan berlanjut terus sampai sesi terakhir pas masukin adonan ke kulkas.. barulah Inaz bangun.. (pas banget alhamdulillah..).
Cetaknya awalnya pake scoop ice cream.. ternyata kegedean.. akhirannya pake sendok kecil , di buletin dulu.. ini yang pas buletnya kayak cookies.. Sebelumnya segede biscuit regal..

Bener-bener ngikutin tipsnya Mba Riana tuh step2nya.. ngocok telurnya sampe setengah jam karena aku gak pake emulsifier (so sorry buat tetangga yang keberisikan). Bener2 yakin adonan udah kental banget.. baru dituangin coklat leleh+butter dkk. Hasilnya kayaknya sih udah bener… hehe.. Gak tau deh kalo masih dodol…

Aku pake kacangnya mede tapi aku ancurin agak alus.. Buat anak-anak takut susah cernanya..

And … we love it very much.. Misua demen.. gue demen.. Faiz udah tiga hari ini bekelnya masih sama.. Inaz juga suka….Muah muah.. maacih ya Tante Riana..

090815planecookies copy

PennyLane’s Chocolate Cookies
Original source: Joy of Baking

200 gram kacang, cincang kasar, panggang hingga wangi dan keemasan (aku pake 100 gram almond + 100 gram kenari)
60 gr terigu protein rendah
1 sdt baking powder
1/4 sdt garam
2 sachet (4 gr) kopi instan, larutkan dengan beberapa tetes air panas
450 gram coklat bittersweet (waktu HBH pake Tulip yang bittersweet –bukan yang DCC biasa ya. Rasa kue ini ditentuin 99% oleh rasa coklat yang dipake, jadi pake coklat yang betul2 enak. Favoritku: Van Houten yang button 100% cocoa butter)
60 gram unsalted butter atau margarine
250 gram gula pasir
4 butir telur
1 sdm vanila ekstrak
175 gram chocolate chips dark
175 gram white chocolate chips
1. Lelehkan coklat bersama mentega, sisihkan.
2. Campur terigu dan baking powder.
3. Kocok telur, gula, garam dan vanila, hingga kental.
4. Masukkan coklat+butter leleh, aduk rata. Masukkan kopi, aduk rata. Ayakkan terigu+BP, aduk asal tercampur. Masukkan kacang panggang dan kedua macam chocolate chips, aduk.
5. Tutup mangkuk dengan plastik lengket, dinginkan di kulkas lk 30-60 menit jam hingga adonan mudah disekop.
6. Panaskan oven 180 derajat celcius.
7. Sekop atau sendokkan adonan ke atas loyang yang sudah dialasi parchment paper atau silicone mat. Biar sama dan bentuknya bagus, pake sekop es krim, yang kecil atau sedang sesuai selera. Beri jarak cukup lebar, karena nanti dia melebar sendiri.
8. Panggang hanya sampai bagian atasnya kering dan retak-retak saja, kurang lebih 10-12 menit. Jangan terlalu lama memanggang, nanti kering, kurang asik🙂
9. Angkat, letakkan loyang di rak hingga agak dingin dan kue mengeras. Angkat kue, dinginkan sepenuhnya di atas rak.
Catatan:
– Kalau hasil kue terlalu pipih, biasanya karena adonan terlalu dingin. Biarkan di suhu ruang hingga mudah disekop tapi masih cukup kaku, lalu teruskan memanggang.

Note:
• The time you need to let the batter harden in the fridge could be varied, depending on the chocolate you use. One chocolate could make the batter thicker or runnier than the other one. Check every 30 minutes, just until the batter is easy to scoop and drop without spreading.
• When you found your batter is too hard to scoop, or the cookies are too flat, it means the batter is too cold to begin with. Let it stand at room temperature until it reaches right consistency, then continue baking. The cookies should not be too flat.

~ by rohmah on August 19, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: