Cheese Stick

Udah deket lebaran.. mulai dong nyicil2 bikin kue kering. ENtah sih apakah akan bertahan sampai lebaran tiba..  Yang penting niat sudah dicanangkan, lengan sudah disingsingkan. Bahan-bahan juga sudah disiapkan.. termasuk toples2 sudah dibeli oleh tim purchasing di rumah.. hehehe.

Sempet agak shock ketika dapet telp bilang keju edam 220rb satu buletan itu (1.6 kgs).. whicks..  Akhirnya minta beli sekilo aja.. Mudah-mudahan cukup… EMang tahun ini gak pengen bikin banyak2 kue kayak tahun lalu.  Yah.. tahun ini sudah mulai muncul kesadaran diri supaya gak terlalu ngoyo…  Dan yang paling penting tetap fokus ibadah di bulan yang lebih baik dari seribu bulan (marhabaan ya Ramadhan..).

Tahun lalu itu tergolong membabi buta.. haha. Segala macem dibuat..Yang green tea cookies lah.. Orange cookies lah.. Watermelon cookies lah.. Black and white chococrunch cookies lah..Garlic cheese cookies lah, Kacang Goreng Daun Jeruk lah, .. Pokoknya resep2 baru dan resep2 standard gak ada yang ketinggalan. Yang standard itu termasuk diantaranya Nastar, Kaastengel, Sagu Keju, Cheese Button, Putri Salju, Katetong alias lidah meong, Cornflake COokies, Chocochips cookies………. (sambil mikir kayaknya ada lagi deh). Sampe sekarang pasta green-t ama green-t powdernya masih 80%.. Gak tau mau dibikin apa lagi..

Kembali ke topik, pertama bikin cheese stick request by my hubby… Bikinnya dibantuin Faiz dan Inaz.. Pemutar adonannya malah di awal2 dikuasain sama mereka.. Jadi kita bantuin mereka main.. wekekeke. Mereka juga mengakuisisi terigu setengah kilo untuk dipake tabur-taburan.. Dan sekitar 1/4 kilo adonan untuk di pilin2 sendiri.. Asik deh pokoknya..

cheese stick

Resepnya pake resep Cheese Stick DB, kejunya 50-50 Edam cheddar. Tapi aku gak ngikutin jumlah keju di resepnya. Aku sesuai-in aja ama keju edam stock lama yang masih ada di kulkas. Telurnya juga aku kurangi karena kejunya berkurang.

Cheese Stick Dapurbunda

Bahan:
200 g tepung terigu protein sedang
30 g tepung kanji
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
175 g keju parut
75 g margarin, lelehkan
2 butir telur ayam, kocok
1 sdm air
minyak goreng

Cara membuat:

Taruh tepung terigu, tepung kanji, merica, garam, dan keju dalam mangkuk. Aduk hingga rata.

Tambahkan margarin leleh dan telur kocok. Aduk hingga menjadi adonan yang licin.

Bagi adonan menjadi 3-4 bagian. Gilas masing-masing bagian hingga tipis dan lebar.

Masukkan lembaran adonan ke dalam mesin pembuat mi hingga tebalnya di nomor 1. Potong adonan dengan penggilas hingga sepanjang 8-10 cm.

Panaskan minyak banyak di atas api sedang. Goreng potongan adonan hingga kuning kecokelatan dan kering.

Angkat dan tiriskan. Dinginkan.

Simpan dalam wadah bertutup.

~ by rohmah on August 10, 2009.

2 Responses to “Cheese Stick”

  1. Assalammu’alaikum M’Rohmah….cakenya baguss baguss dech…aku copy resep cheese stiknya yach krn anakku suka banget cheese stik dan blm punya resepnya… oia aku izin link blognya yach….
    tengkyu ya..

    • Wa’alaikumussalam mba..
      Aduh.. kebetulan aja tuh cakenya lagi bagus..:-P. Yang jelek gak dipoto mba.. hehehe. Cheesticknya enak.. silah dicoba ya.. Keju banget deh..
      Silahkan dilink, ijin juga suatu saat tak link balik kalo lagi update blog..😀.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: