Sagu Keju

Berhubung udah mulai dekat puasa dan Lebaran, kayaknya beberapa orang sudah mulai membuat kue kering. Untuk aku, lebaran berarti bikin kue kering gak cuman untuk di rumah, tapi untuk di rumah ibu mertua, untuk hantaran ke kakak-kakak ipar, dan beberapa teman senior, atau siapa aja yang emang kita gak ingin silaturrahim terputus. Udah tiga kali lebaran aku bikin semua kuker yang ada di rumah. Yang paling favorit biasanya kaastengel, nastar, sagu keju, lidah kucing, putri salju, dan mede.

Diusahain bikin kukernya sebelum Ramadhan, jadi pas udah Ramadhan gak terganggu aktivitas ibadahnya.

090816sagukeju copy

Resepnya paling suka pake mba Fat punya

SAGU KEJU

==========

Recipe by Fatmah Bahalwan

Bahan:

300gr    tepung sagu

2 lbr      daun pandan

100 gr   margarine

50gr      mentega (butter)

150gr    gula halus

1 btr      kuning telur

100gr    keju edam, parut

50ml     santan kental

Cara membuat:

–          sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat, dinginkan.

–          Kocok margarine dan mentega hingga putih dan lembut masukkan gula, kocok rata, tambahkan kuning telur, kocok rata.

–          Campur tepung sagu dan keju parut, tuang bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.

–          Masukkan adonan kedalam plastik conthong (segitiga), kasih spuit bintang, semprotkan kedalam loyang tipis yg sudah dioles mentega dan ditabur tepung.

–          Oven selama lk. 40menit….(ingat kenali oven masing-masing, wkt dan suhu yg diperlukan, selalu lakukan test. gunakan suhu rendah 120-130 utk mendapatkan hasil yang sagu keju yang putih cantik tapi matang.)

Notes:

  • Satu resep ini jadi kurleb 2.5 toples 500 gram.
  • Aku selalu pake keju edam supaya sagu kejunya gurih. DIparut pake yang paling halus supaya gampang dispuit.

~ by rohmah on July 15, 2009.

6 Responses to “Sagu Keju”

  1. Mba Rohmah,

    Mau nanya, pake resep ini spuitnya susah gak? Padahal udah ikutin resep persis.
    Kemaren aku jg nyobain pake resep ini, tp hasilnya adonannya susah banget di spuitnya, akhirnya aku tambahin 1 kuning telor lagi, baru bisa di spuit.

    • Halo,….
      Tricknya supaya gak sampe sagu kejunya susah dispuit.. Jangan masukin semua terigu sekaligus.. Masukkan terigu pada tahap akhir sedikit sedikit sampai pada batas kira-kira adonan udah bisa dan mudah dispuit. Setelah itu stop terigunya. Memang di resep ini ada kemungkinan terigunya bersisa. Pengaruh dari besar kecil telur juga.. Kalo Telur besar.. lebih banyak cairannya. dsb. Ada kalanya terigunya pas.. Seringnya aku buat pas aja sih. Kalo misal udah terlanjur bablas dan susah di spuit, Kasih extra santan kental or kuning telur seperti yg dilakukan feli bisa jadi solusi..

      Happy Baking🙂

  2. Makasih yah info nya….baru ketauan deh ternyata disitu kesalahanku…masukin sagunya sih bertahap…tp smp habis semuanya…hehehe
    Next time aku coba lagi deh, sekalian mo experiment buat nambahain komposisi butter biar lebih wangi🙂

    • Oiyah.. sorry diatas aku nulisnya terigu.. mestinya sagu..hehehe. Silahkan experiment mba.. Kalo dapet rasa yg lebih ok colek-colek aku ya..hehehe

  3. Salam kenal Mb…mbak karena resepnya pake santan apa awet ya mbak… soalnya biasanya kalo kue ada santannya kelamaan dikit aja udah tengik…terima kasih ya..mbak…

    • Salam kenal juga Jeng Tisa…

      Awet kokk.. Santannya pake santan kental yang udah direbus dulu .. pake pandan lebih wangii deh..
      Trus sebisa mungkin adonan jangan banyak kontak dengan tangan supaya lebih higienis dan kuenya lebih tahan lamaa..
      Pengalaman yg aku bikin sebulan juga masih ok mba.. Nggak tau kalo lebih dari sebulan karena biasanya udah ludes duluan je..

      Sok dicoba.. worthed lah dibikin untuk sajian di meja tamu pas lebaran..😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: