SOP BUNTUT

Salah satu menu yang paling gampang dan disukai anak-anak dalah sop dengan kuah2 bening (gak pake santan maksudnya). Diantaranya sayur bening bayam jagung, sop baso sayuran, soto ayam.  Kalo sayur asem anak2 gak gitu suka. Jadinya sering juga tergugah kalo liat resep sop or soto yang gak pake santan. Pernah coba soto Bandung.. gak gitu demen ternyata. Mungkin karena daging yang dpakai gak berlemak sama sekali jadi cenderung susah di kunyah.

Ketika sopnya ready, Inaz yang memang penyuka apa aja, sangat mudah makan dengan menu sop buntut ini. Sedangkan Faiz, sempet dengan gaya bilang “Aku gak akan mau makan dengan sop buntut, gak akan pernah mau”. ENtah deh itu ngutip kata2 apa ya yang kayak slogan gitu.. Soalnya sering disebut2 kata “Gak Akan Pernah Mau” nya itu. Begitu berhasil merayu untuk sekali suap, berikutnya doi ketagihan.. hehe.. (Bundanya dalam hati teriak2 “Berhasil, Berhasil, Berhasil..”). Dari menu makan siang, makan malam, sampe keesokan harinya ketika sop buntutnya udah abis, dia tetep nagih sop buntut..:-D

SOP buntut

Resepnya pake ala Lia-Sby berikut ini :

SOP BUNTUT

From http://sibunbun.multiply.com/recipes/item/28

Ingredients:
* 1 kg buntut sapi
* 1.5 ltr air
* 250 gr kentang, potong-potong
* 300 gr wortel, potong-potong
* 3 batang seledri, ikat

BUMBU HALUS:
* 5 butir bawang putih, bakar dengan kulitnya
* 10 butir bawang merah, bakar dengan kulitnya

REMPAH – REMPAH:
* 1 sdt merica bubuk
* 1 butir biji pala
* 5 butir cengkeh
* 4 cm jahe, belah dan memarkan
* 2 butir bawang putih, bakar dengan kulitnya dan memarkan
* Garam dan penyedap rasa sesuai selera

TABURAN DAN PELENGKAP:
* 2 sdm irisan seledri
* 1 sdm irisan daun bawang
* 2 sdm bawang putih goreng, remas
* 2 buah tomat, potong-potong
* Irisan jeruk nipis/limau
* Sambal rawit hijau
* Emping goreng
* Acar ketimun wortel
* Kecap manis

Directions:
Rebus buntut dalam air mendidih sampai airnya mendidih kembali. Buang air rebusan tsb, masukan 1,5 lt air mendidih dan rempah-rempah, masak dengan api kecil sampai buntut empuk. Kalau menggunakan panci tekan cukup 30 menit.

Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan wortel dan kentang. Tambahkan air rebusan buntut, masak sampai mendidih, tuang ke dalam rebusan buntut dan tambahkan seledri ikat. Masak terus sampai wortel dan kentang matang.

PENYAJIAN: Taruh sop dalam mangkok, tambahkan potongan tomat, seledri, daun bawang, bawang putih goreng, air jeruk nipis/limau dan kecap. Sajikan bersama emping goreng, acar dan sambal.

Notes: Setelah jadi, aku sisihkan satu mangkok untuk difoto, ternyata tumisan bawang merah dan putihnya ngambang jadi bikin kuah sopnya gak jernih. Akhirnya aku saring tumisan yang ngambang di permukaan. Jadinya lebih jernih deh kuahnya. Tapi di foto tetep keliatan tuh karena gak pake disaring..

~ by rohmah on July 14, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: