Our Favourite Doughnut..

Meski banyak merk Donat baru beredar.. kayaknya gak nemu yang pas ama lidah kita. Kita sukanya yang lembut.. agak padet.. dan cukup ditabur gula halus.. Sebetulnya yang paling mendekati sih donat kentang.. Tapi ternyata ada juga resep yang gak mesti pake kentang. Secara kadang segen giles2 kentangnya.. Untuk yang sukanya donat ringan.. donat yang satu ini tidak direkomendasikan..

DONAT

Resepnya ini

DONAT EMPUUK

By:Fatmah Bahalwan

Bahan :

500 gram tepung terigu cakra

500 gram tepung terigu segitiga

250 gram mentega/ margarine

250 gram gula halus

1 sdt    garam

1 sdm  fermipan

1 sdm  baking powder

4 butir  kuning telur

2 gelas susu segar

Cara membuat :

  1. Campur terigu cakra, segitiga, baking powder, fermipan aduk rata.Lubangi tengahnya. sisihkan.
  2. Kocok telur, gula halus sampai mengembang. Masukkan ke dalam campuran tepung ( lubang tengah ) sambil diaduk rata.
  3. Masukkan mentega/ margarine, garam, susu sedikit demi sedikit sampai susu habis sambil diuleni.
  4. Uleni sampai adonan kalis. Banting – banting sampai adonan halus.
  5. Tutup dengan lap basah, diamkan kurang lebih 30 menit.
  6. Kempiskan adonan. Bagi menjadi 25 bagian.

Notes :

Donat ini gak akan ngembang banget.. Jadi tergolong padet.. Dah gitu waktu fermentasi bisa dibikin lamaaa banget. Kadang sempet ditinggal belanja dulu ke SPM.. huehehe.. Ato ketiduran dulu.. ini demennya gw sama resep ini. Waktu fermentasinya yang lama.. Mungkin pengaruh fermipan yang sedikit dibanding jumlah bahan bahan lainnya. (Bisa dibandingkan dengan resep lain).

Trus donat ini juga cenderung manis.. tapi manisnya gak banget sih.. buat gw cukuplah.. dimakan polos tanpa icing udah enakk..

~ by rohmah on June 30, 2009.

2 Responses to “Our Favourite Doughnut..”

  1. Betul, donatnya nggak terlalu ngembang dan padat.Mengenyangkan makan 2 donat waktu sarapan.
    Mbak, aku nyobain juga resep di atas. Buatku raginya agak terasa. Palagi kalo diwaktu fermentasinya diperlama. bau raginya lebih kuat. Kebetulan aku nggak suka yg begitu. Itu pengalamanku ya. Kepikiran mengurangi ragi nya. kira kira jadi nggak ya ?
    btw, aku nyimpen juga di kulkas dlm bentuk mentah udah dibentuk.jadi sewaktu waktu anak anak pengen tinggal goreng. pengalaman tahan sampe 5 hari di freezer. thanks ya

    • Halo jeng tita.. kalo menurutku sih waktu fermentasi yang lama itu yang bikin ragi jadi makin tercium kuat… karena sepertinya pemakaian ragi di resep ini udah minimalis..
      Sok atuh dicoba kurangin raginya trus fermentasi agak diperlama.. Menurutku si jadi aja kok.. Kalo dah coba kasi tau ya hasilnya kaya apa.. hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: