Pepes Nasi

Andalan kalo lagi jalan jauh, bikin pepes nasi. Sewaktu-waktu di mobil anak-anak or suami laper, TInggal ambilin deh menu praktis ini. Isinya tinggal disesuaiin sama favorit masing-masing. Boleh isi ayam, telur puyuh, baso, sosis, udang, whatever u like lah. Bedanya sama lontong, kalo lontong cenderung lembek, kalo pepes nasi itu set.., tapi Teskturnya tetep nasi.  Sebetulnya sih bisa juga dibikin lembek.. tapi pakemnya ya kayak gitu tadi. Dah gitu bumbu isiannya juga beda, cenderung kayak bumbu kuning kalo untuk pepes nasi. Sementara lontong bumbunya lebih mild..

pepes nasi

Resepnya pake yang ini:

Pepes Nasi Ayam (dari blognya Mba Ruri alm)

BAHAN NASI :

  • 2 takaran beras cuci bersih
  • air santan sesuai aturan masak nasi di rice cooker (kalo berasnya 2 takar berarti airnya ampe angka 3 di dindingnya rice cooker)
  • kunyit sekelilingking diparut ambil airnya
  • daun jeruk iris tipis2
  • garam secukupnya
  • daun pisang

BUMBU HALUS :

  • 8 btr bwg merah
  • 4 siung bwg putih
  • 5 bh cabe merah (kalo buat anak-anak gak pake, cukup tomat ajah, kalo buat yang doyan pedessss pake cabe kriting boleh juga)
  • 5 btr kemiri
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1 bh tomat
  • garam secukupnya

BAHAN PEPES:

  • minyak goreng untuk menumis
  • 3 bh paha utuh (atas ampe bawah ya), dibagi 3
  • 18 btr telur puyuh rebus
  • 6 lembar daun salam
  • 6 batang sereh potong ujung atas memarkan
  • 6 ikat daun kemangi
  • 18 buah cabe rawit

CARA MEMBUAT:
Nasi:

  • cuci beras bersih kemudian masukkan ke rice cooker
  • jangan lupa masukkan air santan secukupnya (seperti masak nasi biasanya)
  • masukkan juga daun jeruk-kunyit-garam, icipin ya… jangan ampe kurang asin
  • begitu bunyi ceklik langsung angkat nasinya jangan dibiarkan di rice cooker

Ayam:

  • tumis bumbu halus sampai matang dan harum,
  • masukkan ayam aduk hingga rata,
  • masak ampe bumbu meresap, icipin, kalo kurang asin tambahin garam
  • angkat

Pepes:

  • didihkan air dalam dandang
  • ambil daun susun nasi letakkan ayam-daun kemangi-telur puyuh 3 btr-sereh-cabai rawit 3 bh
  • bungkus seperti membungkus pepes, jangan lupa dipadatkan biar pas mateng n mau disajikan gak buyar
  • masak hingga 60-75 menit pokoknya sampai matang
  • dengan takaran seperti diatas, kalo aku hasilnya 6 bungkus, itu udah cukup kenyaaaaannnggggg

Additional tips:

  1. Untuk ayamnya, aku lebih suka tanpa tulang, jadi pake ayam fillet, potong2 kotak or seukuran yang cukup mudah untuk ditelan bersama nasi.. Karena kalo misalnya potongannya masih ada tulangnya, cukup ribet kalo dimakan dijalan. APalagi untuk anak-anak.. lebih mudah kalo ayamnya yang boneless..
  2. Untuk pembuatan yang diperuntukkan keeseokan harinya, setelah nasi dibungkus daun pisang, dinginkan dulu, masukin kulkas. Keluarkan dua jam dalam suhu ruang, kemudian baru dikukus.

pepes nasi

~ by rohmah on June 17, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: