Pastel Goreng

Dah lama pengen coba ini.. keinget lagi pas di milis ada yang nanya..kok kulitnya keras.. Teorinya si keras itu kalo kelamaan di aduk..apalagi aduknya pake tangan.  Kalo kata para ahli kuliner, kandungan protein di terigu sudah meng-gluten..bla bla bla.. Simplenya.. jangan diaduk kelamaan..

So.. heres my first attempt on Pastel … Mayan sih..mayan giles kulitnya..😀. Mestinya pipihinnya pake concerto cepet nih.. kemarin manual.. by si embak.. wekeke.. soalnya gw tiga gilesan aja udah mayan pegel.. mending gw ngepang aja deh gampang dan gak pake tenaga.. hahaha  *males dot com*

Pastel

Resepnya pake Mba Fat punya. Tapi isinya gak pake buncis.. ganti kentang aja..trus ayamnya tak kukus dulu..

PASTEL GORENG

==============

Source : Fatmah Bahalwan

Bahan :

Tepung terigu untuk taburan

2 butir telur rebus, kupas, iris jadi 20

Isi :

3 sdm marganin, untuk menumis

4 siung bawang putih

10 butir bawang merah

150 gr daging ayam giling

75 gr wortel, potong dadu 1/2 cm

75 gr buncis, iris 1/2 cm

1 sdt garam

1 sdt merica bubuk

1 sdt gula pasir

100 cc susu cair

2 batang daun bawang, iris halus

3 batang seledri, iris halus

Kulit :

1 butir telur

1 sdt garam

250 gr tepung terigu

50 gr margarin leleh

75 cc air

minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :

  1. Isi : Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan daging ayam. Setelah berubah warna, masukkan wortel, buncis, garam, merica, gula. Tuangi susu, masak hingga matang. Masukkan daun bawang dan seledri. Aduk, angkat.
  2. Kulit : Kocok telur dan garam. Campurkan ke dalam terigu. Aduk sambil tuangi margarin leleh dan air. Uleni adonan hingga lembut dan dapat dibentuk.
  3. Gilas adonan hingga setebal lk 1/4 cm di atas meja bertabur tepung terigu.
  4. Cetak bentuk bundar bergaris tengah 10 cm.
  5. Ambil selembar adonan, beri 1 sdt adonan isi dan seiris telur rebus. Lipat jadi dua membentuk setengah lingkaran. Tekan-tekan pinggirannya dengan garpu.
  6. Panaskan minyak goreng dengan api kecil. Masukkan pastel, goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat, hidangkan hangat.

Additional Tips:

  1. Adonan Kulit cukup di aduk2, jangan diulenin kayak roti.
  2. Air di adonan bisa diganti pake air es supaya kalo aduknya kelamaan adonan masih cukup aman.
  3. Ketika masukin isian, telur tempatkan di tengah, karena kalo di pinggir, ketika digoreng dia jadi melembung, kulitnya jadi gak cantik deh..
  4. Kalo mau di inapkan, setelah diisi dan dibentuk, masukkan wadah yang terlebih dahulu di oles minyak tipis supaya gak nempel di wadah, simpan tertutup di kulkas, goreng pastel setengah matang, dinginkan, simpan tertutup di kulkas.
  5. Ketika goreng, pake minyak keciiill.. supaya kulitnya gak jerawatan.

pastel inside

~ by rohmah on June 15, 2009.

3 Responses to “Pastel Goreng”

  1. hallo mbak…pastelnya bikin aku pingin nyicip….bikin sendiri aja kale yah…..?
    mbak boleh dong aku tau cara memipihkan adonan dengan pemakaian concerto.
    aku baru beli di fat…tapi belom nyobain…kalo buat mipihin pake yang mana? japri aku ya mbak…

    • Halo … dah di japri ya.. hehe.. iya tuh ntar mba fat marah..
      Gak lagi mba Fat kan baik..😉

  2. eehhh….di bu fat maksudnya….(bukan bermaksud kurang ajar loh….aduh jadi maluuuu…..)bu fat maaf…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: