Siomay

Salah satu makanan favorit juga.. (perasaan semua makanan favorit yee..). Siomay favoritku adalah Siomay Gondrong di Kantin BI Bidakara. Mungkin karena dulu pas hamil ngidamnya ini.. (alesaan ajeee).

siomay

Resepnya pake punya Ci Ine, gak sesuai resep banget sih.. overall.. hasilnya cukup memuaskan.. tapi belum sesuai harapan banget.. Terlalu empuk kurang kenyal.. (mungkin labunya kebanyakan..). Comment suami, ikannya kurang terasa..

SIOMAY plus SABU
Original Recipe : Ine <inedw@…>
Bahan :
200 gr daging ayam giling
50 gr udang kupas, haluskan
50 gr daging tengiri, haluskan
30 gr sagu tani (lebih kurang ya, tergantung suasana bahan🙂 )
masukkan yang terakhir saja, kalau berasa terlalu lembek, tambahkan
sedikit sedikit lagi.
30 cc telur putih
3 lembar sawi putih, iris halus
1/4 buah labu siam, potong dadu halus 2X2 mm – kalau suka, bisa di
ganti rebung – eh… ntar bukan sabu lagi namanya, tapi SARE🙂
2 sdm minyak wijen
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap ikan
1 sdm angciu (optional)
2 sdm air jahe (dari 2 cm jahe di haluskan, tambah 1 sdm air, lalu di
saring/peras)
1/4 sdt merica
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 buah wortel serut halus dengan parutan keju (kalau ada telur kepiting
sih….enakan telur kepiting ya!)
lebih kurang 30 lembar kulit pangsit

Cara Membuat :
1.. Campur semua bahan, kecuali wortel serut dan kulit pangsit, aduk rata, isikan pada kulit pangsit, bentuk menjadi siomay. Atasnya di kasi sedikit wortel serut/telur kepiting. Tata di kukusan, beri jarak sekedarnya agar tidak saling lengket.
2.. Semprot dengan air sampai kulit siomay basah kuyup. Trick ini agar
siomay lembab dan kulit nggak kuning kusam. jangan takut2 membasahi
kulit siomay ya, hasilnya siomay akan cantik putih kayak pakai sabun
Dove🙂 ). (me: ini kalo pake kulit merk Finna gak perlu deh.. udah putih..)
3.. Kukus selama 30 menit. Sajikan hangat.

Siomay

~ by rohmah on June 8, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: