Risoles Ragout

Ini adalah snack yang dicoba pas awal-awal belajar masak. Karena gak perlu mixer, gak perlu oven.. Simple deh. Komposisi isinya suka aku rubah-rubah sesuai persediaan aja. Tapi yang paling mantepp menurutku pake resep Ci Ine.

Risoles Ragout

Mba Ine kasih panduan yang sangat detail di resepnya. Dan berikut sudah saya edit sebagian.

Risoles Ragout

Original recipe (Kaasflensjes) from Ine DW

Ingredients:
BAHAN KULIT

250 gr terigu
2 bt telur
1 sm minyak goreng
garam
1/2 sendok teh baking powder
650 CC air

BAHAN RAGOUT AYAM
1 sdm margarin
50 gr bawang bombay, cincang halus
100 gr daging ayam rebus, suwir-suwir Potong2 lagi supaya suwiran  nggak panjang2. ya…agar panjang serat daging kira kira 1-2 cm aja. (kulit ayam biasanya di buang, untuk ngurangi pasokan minyak:-)) atau bisa diganti 100 gr daging ayam cincang.
100 gr wortel, iris dadu kecil2 (1X1X1 mm)
2 lembar daun bawang, iris halus
300 cc susu cair
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
2 sm gula pasir
1/2 sdt pala bubuk
7 sdm tepung terigu (kira2 aja, kekentalannya)
2 sdm Margarine

BAHAN PELAPIS:
1 butir telur
200 gr tepung roti taruh di nampan/loyang yang rada lebar agar leluasa
kerjanya

Directions:
CARA KULIT:

Terigu+minyak goreng+garam+BP+telur, diaduk dengan sedikit air, sampai licin.
Biasanya pakai tangan, sambil di tepuk2, supaya rada liat, kalau liat, kulitnya bisa tipis tidak gampang robek. tambahkan air sedikit2 sampai cukup kekentalannya untuk di dadar di teflon, yang bergaris tengah 24 cm.

Note:

Waktu mengaduk tepung, jangan diremas remas, karena akan menyebabnya tepung meringkil. Kalau kira-kira ngaduknya kurang oke, sehingga ada beberapa yang meringkil, jangan segan2 di saring ya, tentu setelah adonan cair lho.

Kira kira ini jadi 25-30 lembar.

CARA RAGOUT:

1. Tumis bawang bombay dengan 1 sdm margarine dan pala bubuk, sampai bawang layu dan harum pala keluar. masukkan ayam rebus (atau daging ayam cincang) , wortel dan daun bawang. Aduk2 sebentar.
2. Masukkan susu cair, merica, garam, gula. Jangan lupa cicipi ya, asin manisnya yang pas dengan seleramu. Biarkan sampai mendidih, kecilkan api.
3. Masukkan terigu yang di ayak langsung di atas adonan mendidih,  segera aduk adonan, sampai kental. (kalau kurang kental, tambahkan satu atau dua sendok lagi tepung terigu.)
Matikan api, masukkan 2 sdm margarine, aduk sampai margarine meleleh dan rata larut dalam ragout.

Note:
Bubuk pala yang ditumis (saat menumis bawang bombay), akan menyebarkan/mengeluarkan aroma lebih harum.

Margarine yang dicemplungin terakhir, menambah aroma wangi pada ragout.

Cara Penyelesaian,
ambil selembar kulit, tambahkan sesendok makan ragout ayam, bungkus bentuk segitiga.

CARA PELAPISAN :
Telur ayam, kocok asal campur seperti telur dadar Celup setengah bagian badan Kaasflensjes ini ke dalam telur kocok,  terus ratakan agar seluruh badan risol ‘basah’ karena telur.
(kenapa kog nggak di celup semua aja? kenapa setengah bagian? karena kalau semua cemplung, akan  terlalu ‘basah’ dan licin)
Pakai satu tangan aja, di puter2 di telapak tangan, agar telur merata. Atas bawah, muka depan, ujung ke ujung :-))

Risol yang sudah dilumuri telur di gulingkan di tepung roti,  tepuk2 agar tepung menempel dan yang nggak bisa nempel bakal rontok. kalau ndak ditepuk2, bakal banyak yang rontok di minyak goreng, bikin  kotor minyaknya.
Siapkan minyak goreng cukup banyak di wajan, biarkan panas betul. pakai api besar.
Masukkan risol secukupnya sampai semua terendam minyak dan  jangan terlalu
sering di aduk. Risol akan matang/menguning secara cepat.

Kalau api kurang besar, risol kelamaan terendam di minyak, bakal nyerap minyak, dan bahkan kemungkinan kulit akan pecah2.

~ by rohmah on May 31, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: