Tom Yam Soup

Hujan seharian jadi pengen yang hangat dan pedas.. Pilihan jatuh pada Tom Yam.. Yeyy…

Masakan Vietnam emang terkenal dengan aromanya yang dahsyat.. cium baunya bikin orang kelepek-kelepek laper..hehehe.

Resepnya dulu2 liat resep dari milis. Tapi belakangan udah gak pake liat resep.. suka-suka aja..

Tom Yam Soup

Buat yang mau coba dan perlu resepnya, ini dia..

TOM YAM

Posted by : Fidia Helianti, NCC

Bahan :
Udang, buang kepala (sisa kepala untuk membuat kaldu)
Cumi, buang kantong tintanya, potong bentuk cincin

Kepiting –>Gak pake..not ready stock.
Ikan kakap fillet

Bakso ikan

Jamur–>Gak pake..not ready stock.

Aku tambahin tahu potong.. supaya lebih rame.. dan emang suka tahu.

Bumbu:

2 sdm Tom yam paste (Pake merk Munik.. )
10 lombok rawit (tergantung suka pedas apa tidak), boleh juga ditambah buat dicemplungin utuh (kemarin gak nemu lombok rawit, jadi pake cabe keriting diulek)
2 sdm Kecap ikan
4 batang Serai, ambil putihnya, potong melintang
5 cm Jahe di geprek
Lengkuas
8 lbr Daun jeruk disobek-sobek
2 siung Bawang putih

1/2 btr Jeruk nipis
Garam

Gula

Daun ketumbar
1,5 lt Air

Caranya:

  1. Ambil 2 ekor udang, diulek bareng lombok dan bawang putih, kemudian di rebus dengan air, masukkan juga kepala udangnya. Masukkan jahe, lengkuas dan 1 batang serai yang sudah digeprek serta daun jeruk, masak kaldu sampai mendidih.
  2. Kemudian saring untuk mendapatkan kuah kaldu yang bening.
    Didihkan lagi dan masukkan kecap ikan, tom yam paste, cabe rawit utuh, dan serai yang dipotong-potong.
  3. Terakhir masukkan potongan ikan, bakso ikan, cumi, udang, crab stick, jamur, dan air jeruk nipis.
  4. Koreksi rasanya dengan garam & gula. Masak bahan2 diatas sebentar aja, cukup sampai matang…kalo kelamaan sea foodnya gak crunchy lagi… Taburi daun ketumbar.
    Sajikan panas.

~ by rohmah on May 9, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: