Steamed Brownies (Brownies Kukus)

Daripada beli brownies kukus yg diluaran, mending bikin sendiri lho. Lebih yakin bahan-bahannya.. bisa makan kapan aja.. Lebih enak sih udah pasti…hehe.

Brownies Kukus

Resep favoritnya yang ini :

Brownies Kukus (resep Ny. Liem)

Ingredients:
Telur 6 butir
Gula 225 gram
Vanili secukupnya
Garam secukupnya
Emulsifier 1/2 sdt teh
Terigu 125 gram, ayak, aduk rata dg coklat bubuk
Coklat bubuk 50 gram, ayak, aduk rata dg terigu
Minyak 175 ml
Dark Cooking Cokelat 100 gram, lelehkan, campur dg minyak
Susu Kental Manis (SKM) 75 ml (ini kalo mau pake lapisan model AMANDA, kalo gak mau pake skip aja)

Directions:
Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukkan campuran tepung
terigu dan cokelat bubuk. Aduk perlahan hingga rata. Masukkan
campuran minyak dan DCC, aduk hingga rata. Sisihkan sepertiga bagian
adonan, beri SKM, aduk rata.

Bagi 2 adonan tanpa SKM, bagian I kukus selama 10 menit, tambahkan
adonan dg SKM selama 10 menit, terakhir masukkan adonan sisa tanpa
SKM, lanjutkan mengukus selama kurleb 20 menit. Angkat.

Brownis Kukus Slice

Nih saya sertakan tips dari milis NCC biar brownies kukus gak bergelombang:

  1. Pastikan air kukusan sudah mendidih dan menghasilkan banyak uap.
  2. Lapisi tutup dandang dengan serbet, meskipun dandangnya sudah punya saluran untuk mengeluarkan uap air berlebih.
  3. Ketika loyang dimasukkan ke dandang/kukusan, gunakan api sedang. Api besar ternyata berpengaruh terhadap hasil akhir dari cake kukus lhooo. Yang penting, apinya sudah cukup untuk mempertahankan air kukusan tetep mendidih dan menghasilkan uap yang cukup banyak.
  4. Lapisi loyang dengan kertas roti atau parchment paper.
  5. Brokus yang udah matang, sebaiknya lsg dikeluarkan dari kukusan, diamkan sebentar, lalu segera dikeluarkan dari loyang… kalo kelamaan dikukusan, meskipun di kukusan udah dibuka tutupnya, bagian bawah akan basah ga karuan… :(( stl dikeluarkan dari loyang, diamkan juga dalam keadaan terbalik.. jadi bagian bawahnya biar agak adem dulu, baru deh dibalik lage.. tapiiii… kertas roti
    jgn dilepas dulu sebelum benar2 dingin.. terutama kertas roti yang nempel di pinggir kue.. biar ga jadi rusak kuenya yaaa…
  6. Kalo menyimpan, cake/kue kukus bisa disimpan di kulkas.. dan jika ingin menyantapnya, cukup dikukus lagi selama 5 – 10 menit.
  7. Kalau mau membuat kue kukus dengan lapisan, jangan pernah mengeluarkan loyang dari kukusan.. penambahan dilakukan dengan posisi loyang tetap di dalam
    kukusan.. jika merasa tidak nyaman karena panas, disarankan untuk menggunakan sarung tangan…
Mbak Ine (inedw@indo.net.id) :
Mengaduk adonannya dan mentega lelehnya harus rata, karena kalau tidak rata juga bisa menyebabkan permukaan brownies bergelombang…

Dewi Anwar (dewi@trubagroup.com) :
Kalo aku perhatiin, berkali2 aku bikin brokus pake resepnya mbak fat dng teknik yg beda yaitu tepung, dll gak dicampur sekaligus di telor, tapi spt bikin sponge cake biasa, telor + gula dikocok, pas udah ngembang baru di masukin bahan2 lain…hasilnya gak pernah bergelombang.
Tapi kemarin 2x bikin (maskute biar cepet) aku bikin sesue resep, semua bahan dikocok bareng…dan dst…hasilnya emang bergelombang, walopun api udah stabil.Jadi kesimpulan aku sih ada di cara mengocok adonannya…coba deh cara biasa…emang hasilnya lebih lembut kalo dikocok semua barengan…

~ by rohmah on April 10, 2009.

2 Responses to “Steamed Brownies (Brownies Kukus)”

  1. Malam mba… Saya sudah beberapa kalai bikin brownis dan pasti hasilnya bergelombang dan ada gua nya d bagian paling atas…😦😦

    Cara saya bikin brownis seperti ini..

    *Tim coklat DCC,setelah coklat meleleh saya langsung campurkan dengan minyam dan saya aduk rata
    *memanaskan air kukusan
    *saya masukan telur gula tbm kedalam satu wadah dan mengocok dengan mixer speed paling tinggi secara langsung 8-10 menit sampai mengental dan berjejak
    *setelah itu saya masukkan terigu,coklat bubuk,susu putih bubuk, maizena sedikit dan baking powder(yang sudah d campur rata) kedalam adonan yang sdh mengental dan berjejak lalu d aduk dengan mixer speed paling rendah
    *setelah itu saya masukan campuran DCC dan minyak sayur kedalam adonan lalu d aduk dengan mixer speed paling rendah.
    *stelah itu saya bagi 3 adonan.. Adonan yg tengah saya beri tambahan susu kental manis.
    *adonan pertama dan kedua saya kukus selama 10 menit-10 menit secara bergantian(ketika adonan pertama matang, saya keluarkan loyang dari tempat kukusan kmudian saya tuang adonan baru kemudian saya masukkan kmbali k dlm kukusan, begitu seterusnya). Dan adonan terakhir saya kukus selama 20 menit.
    *setelah semua proses selesai saya angkat brownis saya,

    Namun hasilnya selalu bergelombang… Bahkan kadang bergelembung besar…

    Mungkin ada yang salah dari cara yang selalu saya pakai selama ini…😦😦 Mohon penjelasnnya mba..

    • Salam kenal mba Nida,

      Kalo bergelombang, biasanya karena api terlalu besar mba. Untuk brownis kukus, api besar digunakan sebelum loyang masuk kukusan supaya uap cukup banyak. Setelah loyang masuk, kecilkan apinya, cukup api sedang atau dikecilkan lagi sedikit. Kemudian untuk goa2nya itu (haha, bahasanya lucu ya ada goanya😉, maksudnya lubang2 rongga udara bukan ya? Kalo iya, tricknya ketika adonan sudah dituang di loyang, loyang agak di hentak sebentar untuk memecahkan rongga2 udara yang ada di adonan. Jangan terlalu heboh hentaknya ya, pelan aja, nanti kelihatan rongganya akan mimpes sebagian. Boleh dihentak pelan beberapa kali.

      Dicoba ya mba Nida.. semoga berhasil..

Leave a Reply

 
