Molen Pisang Bandung

Dah pernah dong makan Molen Pisang or Bolen Pisang dari Bandung? Bandung mah paling tobb euy dengan kekayaan kulinernya. Salah satu yang terkenal dari Bandung ya molen ini. Penasaran pengen bikin sendiri.. akhirnya cari2 deh resep yang bahannya gak mesti beli dulu keluar rumah.
Ini dia resep dan penampakannya..
Molen Pisang Coklat Keju Bandung
Resep Molen Pisang Bandung

Resep dari buku femina PRIMARASA

Bahan:
Adonan Kulit A
100 g tepung terigu
1 sdm minyak goreng
30 g margarin
50 g mentega
100 mL air
Adonan Kulit B
300 g tepung terigu
50 g gula pasir
2 sdm tepung custard*
100 g margarin

Isi:
10 buah pisang raja, kukus, potong 2 melintang, belah 2 memanjang
150 g keju cheddar, potong memanjang menjadi 20 bagian

Olesan:
2 kuning telur, kocok
2 sdm susu cair

Cara Membuat:

1. Adonan Kulit A
Campur jadi satu tepung terigu, minyak goreng, margarin, dan mentega dalam wadah, aduk dengan menggunakan sendok kayu hingga rata. Bagi adonan menjadi 20 bagian, sisihkan.

2. Adonan Kulit B
Campur tepung terigu, gula pasir, tepung custard, margarin, dan air dalam wadah. Uleni adonan hingga kalis. Bagi adonan menjadi 20 bagian.

3. Letakkan 1 bagian adonan B di atas talenan, gilas tipis. Setelah itu, taruh 1 bagian adonan A di atasnya. Lipat adonan B hingga menutupi adonan A, kemudian gilas tipis hingga berbentuk persegi panjang.

4. Gulung adonan dari sisi yang pendek, gilas, gulung lagi. Ulangi proses ini hingga 3 kali. Lakukan hingga semua bahan habis, diamkan ± 30 menit. Panaskan oven pada suhu 180ºC. Olesi loyang ukuran 3x15x30 cm dengan margarin.

5. Ambil satu adonan, gilas hingga berbentuk persegi panjang sama sisi. Taruh sepotong pisang dan sepotong keju di atasnya, lalu tutup dengan 1 belahan pisang lagi. Lipat adonan kulit hingga berbentuk amplop. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan.

6. Taruh adonan berisi pisang dalam loyang, atur dengan jarak ± 1cm. Olesi permukaannya dengan kuning telur. Masukkan loyang ke dalam oven, panggang selama ± 60 menit, angkat. Keluarkan loyang dari oven, olesi permukaan kue dengan susu cair, diamkan sebentar, panggang kembali dalam oven dengan menggunakan api atas sebentar, angkat.

Catatan:
*Tepung custard adalah tepung instant untuk membuat custard, terbuat dari susu dan kuning telur.

~ by rohmah on March 16, 2009.

22 Responses to “Molen Pisang Bandung”

  1. […] dengan resep di sini, dalam rangka Banana Week NCC< bikin lagi deh molen pisang, molen tape, dan molen […]

  2. PAke kulit pastry yg uda jdi bsa g y mbaa??

  3. bisa say… gilas pastrynya tipis ya.. kalo gak nanti tuebell molennya…

  4. hahahahah nanti aku cuba deh secara puff pastry murah bgt dsini perlembar 1000an kalo d rupaiahin. tp oonnya aku g tau guna itu kulit. hihihi. parah yaaa:P
    i love ur blog mba, jgn males posting dooonk.
    happy ied mubarak dr kami d riyadh. taqobalallahu minna waminkum

    • halo darling… aduuhh.. itu kalo puff pastry semurah itu bakal ngoven terus aku tiap pagi.. kan bisa di filling macem2.. sosis, tuna chunk, kismis.. pisang.. keju…buah kaleng.. whatever jadi lah kalo puff pastry mahh.. *drooling bayangin sarapan pastry puff anget*

      Maaf ya masih blum kepegang nih blognya..

      Taqobbalallahu minna waminkum juga.. Maaf Lahir Batin..
      Hugs from Tebet🙂

  5. Salam kenal mbah Rohmah, saya suka sekali baca resep2 kamu dengan banyak saran2nya. saya sdh beli PUFF PASTRY mau coba bikin almond cookies yg sperti kartika sari gimana ya caranya, apa Puff Pastry
    nya hrs di gilas dulu, saya sdh coba tdk digilas hanya dipotong saja tpi setelah dipanggang lapisannya bisa lepas. Mohon sarannya & TQ

    • Salam kenal juga Jeng,..
      Hmm.. trus terang aku agak2 lupa yg almond cookies yg mana.. apakah yang digulung agak panjang, atau kotak kayak napoleon? Kalo dia kotak, yang aku pernah bikin, mestinya sih digilas dulu deh. karena kalo gak digilas, dia bakal tinggi banget. Dan ga boleh terlalu kecil motongnya. Jadi digilas dulu, trus di potong memanjang. Kalo lapisannya lepas,.. bisa jadi karena gak di gilas itu ya.. atau memang tipe puff pastrynya?? Kalo udah digilas trus dioven masih lepas lapisannya.. coba aja dikasi sedikit putih telur pinggirnya.. May be it’ll works..
      Happy baking..

  6. mb…ak pake resep ini, kog molennya jd zuper duper keras ya…knapa jadi begini???apa salah nguleninya ya??

    • Nguleninnya pake tangan kah? Berapa lama? Idealnya adonan ngga boleh lama kena panas tangan. Kalo kena panas, tepungnya jadi gluten yang membuat adonan jadi liat (kalo ga salah inget nih ya prosesnya.. hehe). Jadi ulenin pake sendok kayu or pisau pastry.

  7. Hi,salam kenal mbak, thanks ya resep molennya……Aku mau tanya,mbak……..hari ini aku nyoba buat tp kog adonan A nya lengket ya?Salah dimana ya,mbak……….digabungin sm adonan B ngak mau nyampur………..maaf ya mbak tanyanya banyak,…….maklum koki baru…………..he3. Thanks ya mbak sekali lagi,

    • Salam kenal Mba Annie,
      Adonan A memang lengket mba.. jadi ngga salah..
      Memang proses gabungin adonanya agak sulit dan butuh kesabaran.. Adonan yang lengket(A) di bungkus adonan B, trus digilas.. memang ngga nyampur, karena justru goal kita adalah adonan kulit yang berlapis-lapis.. jadi B, A, B , A.. bukan mixed AB.
      Dicoba lagi yukk..🙂

  8. mbk gmna caranya supaya pisang molennya setelah mateng ngembang kaya pisang molen kartika sari ?

    trim
    ricco

    • Hmm..kalo crust molen bukannya lapisan lapisan berpori ya..jadi bukan karena ngembang di adonan kulitnya. Krn di adonan kulit cuma pake tepung, gula, mentega. Kalopun ngembang itu dikiit banget. Cara mudahnya sih pake aja pastry mentahnya, hehe. Jadi layernya pasti mirip ama kartika. Kalo bikin sendiri memang tergantung seberapa telaten lapisan itu bisa kita bikin dan ngga bocor. Atau mungkin coba cari resep pastry yg spongy? Yg pake telur gitu adonannya? Kalo nemu dibagi2 ya resepnya…hehe.

  9. ya ntar klu dah dpt pasti d bg”??
    hehe
    satu lg mbk ko kulit nya yg sy bkin pucat,mentega tetap sy pakai, sedangkn kartika sari kekuning kuningn,atau pake pewarna?
    pewarna apa yg cocok dan aman?

    • Sorry baru baca commentnya ricco..
      Kalo warna kekuningan aku rasa dr custard dan kuning telornya ya. Atau jenia mentega atau campuran mrgarinnya. Tapi ngga usah pake pewarna ahh… Lebih natural kaan…. Aku sih kalo terpaksa bangetvpake pewarna pake yg merk cross.. Happy baking!🙂

  10. mbak salam kenal saya dari tanjung enim disini gak ada tepung custard gimana ya mbak?

    • Halo Mba ema.. tepung custard itu sebetulnya hampir kayak eggyolk powder.. Jadi menurutku kalo ngga ada, bisa ditambahkan kuning telornya.. Sama tambahin maizena sedikit lagi kayaknya ya… Kira2 aja ya mba..🙂

  11. thank……atas resepnya ya….

  12. hhe…
    saya jga ada resep lain…
    moga bsa jdi referensi tambahan yah🙂

  13. rasanya gimana nih sis,….siga molen di kartika sarikah?

    • Tanpa bermaksud lebay.. lebih enak mba.. soalnya kalo KS sepertinya kulitnya pake fatnya dr corsvet (nabati), sedangkan resep ini pake butter. Jadi lebih wangi dan lembut. Dengan catatan prosesnya bener ya, jangan sampe butternya jadi ngga ngefek karena prosesnya yg kurang hati-hati (lumer duluan krn overheat kena tangan misalnya).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: