Muffin

Muffin meski bukan merupakan makanan lokal, kayaknya sudah cukup banyak dikenal di Indonesia.

Meski begitu, selera muffin lokal biasanya beda dengan muffin original ala bule. Muffin yang disuka di Indonesia lebih banyak adalah yang tipe spongy.. agak mirip cake. Sedangkan aslinya muffin adalah padat.. mengenyangkan. Apapun muffin yang Anda suka.. tetap muffin bikinan rumah lebih mantapp.. Makan anget-anget.. ditemenin teh di sore hari yang gerimis..

Resep dibawah merupakan salah satu resep muffin yg saya demennn banget..Ini tipe yg padet ya.. enaak bangett..

Source: Ruri, http://kuehruri.blogspot.com/2006_01_01_kuehruri_archive.html

Origin: Kursus Wilton, Fatmawati – Jakarta

Bahan:

150 gr butter + 80 gr margarin (was: 230 gr butter)
110 ml susu cair (was: air)
225 gr gula pasir (was: 300 gr)
1/3 sdt garam (was: 2 gr)
1 sdm vanilla essence (cair), ato 1 sdt pure vanilla crystal >> was: gak pake vanilla
3 butir telur yang rada gede (was : 200 gr)

Aduk rata dan ayak jadi satu:

350 gr terigu protein sedang (all purpose flour, plain flour)
2 sdt double acting baking powder (was: 8 gr)

Cara:

Satukan gula pasir, garam, susu cair, margarin & butter. Panasin dengan api sedang hingga mendidih.
Matikan api, masukin campuran tepung sambil diaduk dengan sendok kayu hingga
rata.
Masukin telur satu persatu sambil terus diaduk hingga menyatu.
Tuang ke cup/loyang muffin 1/3 cup, beri isian sesue slera, tuang adonan lagi hingga mencapai 2/3 ato ¾ cup.
Taburi dengan aneka taburan sesuai selera.
Oven hingga matang dan atanya kuning keemasan, angkat. Siap disajikan.

Variasi Isian:
Potongan DCC, cream cheese, selai.
Variasi campuran adonan:
Keju dipotong kotak2, kismis ato sultana (rendam air panas dulu, tiriskan),
coklat chips, meises, apel potong kotak, bumbu spekuk, kayumanis, almond
slices, kacang mente cincang.

Variasi taburan:
Coklat chips, almond, kacang2an cincang

Below is my muffin pict

Muffin

~ by rohmah on January 17, 2009.

3 Responses to “Muffin”

  1. mbaaak, emg g pke mixer ya? bknny muffin butuh ngembang?? trus d oven brp drajat?

  2. Kalo aku sih biasanya tetep pake mixer. Biar ratanya cepet.. (males aduk manual). Tapi ini gak pake juga bisa kok.. Tapi seperti yang aku bilang diatas, ini tipenya bukan yang ngembang banget..Agak ngembang (aku rasa bukan dr adonan telurnya, tapi dari BPnya), nggak spongy tapi padet.. Tetep enakkk. Ovennya kira2 180 C – 200 C.

  3. pastinya yummi bangeett

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: