Martabak Manis

•May 28, 2013 • 4 Comments
Martabak Keju

Martabak Keju

Siapa sangka membuat martabak manis itu ternyata gak susah… Yippieee….
Bahkan disamping ngga susah buatnya, bahannya juga sangat simple. Kalo di dapur saya, bahan martabak manis ini adalah ready stock list di dapur..

Kali ini pake resep dari Mba Novita Dewi..

MARTABAK MANIS

Bahan A :

125 gr tepung gluten sedang, ayak
25 gr gula pasir
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam
175 ml air
1/2 sdt ragi instan

Bahan B :

Kocok rata :
2 butir telur
1/8 sdt soda kue
25 gr gula pasir

Cara membuat :

Kocok rata bahan A dengan mixer sampai halus  (rohmah : biasanya aku pake whisker aja yg penting rata dan ngga brindilan)
Masukkan ragi instan, aduk rata.
Sisihkan selama minimal 1 jam (kalau aku biasanya sekitar 2 jam, biar raginya ngembang)
Masukkan adonan B, aduk. Siap dipanggang.

Notes :
Panggangnya bisa pake loyang martabak, atau teflon pun bisa. Kalo pake teflon, yakinkan posisi teflon agak jauh dari api, kuatir cepet gosong. Kalo aku seringnya pake loyang happy call. Di awal api besar, kemudian setelah mulai gelembung kecilin api.. tabur gula pasir sedikit.. tutup sampe matang. Setelah matang sempurna, dipindahkan ke alas yang agak lebar, dioles mentega, taung susu kental manis putih sesuai selera, kemudian parutin keju dan atau ,meisis coklat ,kacang, dll.

Dengan membuat sendiri, kualitas bahan, kadar kemanisan, banyaknya mentega bisa kita tentukan sendiri.. Its much more fun indeed…🙂

Adonan cookies dikulkasin? Ngga masalah dong…

•August 16, 2012 • Leave a Comment

Pernah gak bikin cookies trus gak sempet nyelesaiin sampai selesai? Kalo saya sih seringgg.. Hehehe.

Kadang ketika salah kalkulasi waktu jadi ngga kekejar selesai, atau tiba-tiba ada perlu, ngga perlu bingung. Bungkus adonan rapat-rapat, masukin ke kulkas. Ketika mau di proses kembali, jangan lupa dipapar dulu dalam suhu ruang kurang lebih dua sampai tiga jam sebelumnya. Adonan cookies siap diproses kembali..

Yang pernah saya alami adalah dengan adonan nastar, sagu keju, putri salju, lidah kucing, sagu keju.. Loh.. hampir semua pernah ya…

Jadi jangan ragu kalau mau bikin cookies tapi terbatas waktu. Adonin aja dulu.. besok-besok bisa dilanjut..🙂

Have fun with the dough!

Image

Saatnya Tongseng kambing….

•November 6, 2011 • Leave a Comment

First of all.. Happy Ied Mubarak buat semua. Mudah mudahan kita senantiasa bisa belajar dari moment pengorbanan nabi Ibrahim dan Ismail.. sejauh mana kita telah memberikan yang terbaik dari kita buat Tuhan dan sesama? Mari berkaca dan menghitung bersama…

Mumpung Iedul Adha.. Pas buat bikin yg kambing2.. Kalo hari biasa kan ngga hobi masak yg beginian…ditambah Alesan koles dllnya yg bikin mikir kalo mo makan. Tapi berhubung ada bahan… Ada alesan deh..:D

Yg paling gampang diantaranya bikin tongseng… Versi yg saya suka adalah yg berkuah encer tanpa santan.

Bahan:
Daging kambing dipotong dadu atau sesuai selera
Irisan bawang merah/putih
Lada bubuk
Kecap manis
Gula dan garam secukupnya
Cabe rawit merah dan hijau iris
Kol diiris
Daun bawang diiris
Tomat potong

Caranya tumis bawang putih dan merah, setelah harum masukkan daging kambingnya. Tunggu hingga kecoklatan, tambahkan lada, kecap manis, garam dan gula, cabai iris, aduk rata. Tambahkan air sesuai selera, icip, adjust garam, gula dan lada sesuai selera. Terakhir masukkan kol, irisan daun bawang dan tomat. Tunggu beberapa saat, siap deh dimakan… Slrppp…

Mocca Cheese Drop

•September 10, 2011 • Leave a Comment

Alhamdulillah.. Akhirnya bisa posting lagi setelah sekian lama hiatus…

Kali ini mau sharing resep cookies lebaran yang baru pertama kali ini bikin..

mocca cheese drop

MOCCA CHEESE DROP   

Resep oleh Pak Sahak

Bahan A :

Butter                                           300 gram

Gula halus                                   100 gram

Kuning telur                                 4     butir

Essence moca                           1     sdm  

Bahan B :

Tepung terigu                             280 gram

Maizena                                       150 gram

Susu bubuk                                 100 gram

Keju edam                                  100 gram

  Toping :

Putih telur                                    30   gram

Gula halus                                   150 gram

Maizena                                       20   gram

Essence moca                           1     sdm

( campur semua bahan diatas jadi satu lalu kocok sampai mengental ).

Cara membuat :

–         Kocok bahan A sampai mengembang.

–         Masukan bahan B kedalam adonan diatas.

–         Adoan siap dicetak dan letakan diloyang.

–         Semprotkan dengan topping.

Panggang dengan suhu 150 derajat selama 30 menit atau sampai matang

Karena percobaan pertama, aku buat sesuai resep persis. Hasilnya enak dong.. liat aja bahannya.. 😛.

Next time pengen coba cookie basenya ngga usah di kasi mocca pasta (yg bahan A). Kenapa? SOalnya kan ada edamnya tuh.. aku pengennya rasa edamnya tetap dominan ngga keganggu sama pasta mocca yang rasa dan baunya mengeliminasi bahan lain deh.. Even butternya jadi ngga gitu kerasa wanginya.. padahal aku pake wysman di butternya..

Satu resep ini kayaknya jadi sekitar dua setengah toples 500 gram deh.. Trus di toppingnya jangan pelit2 ya.. soalnya aku udah royal kai topping aja masih lebih banyak toppingnya..

Terima kasih buat yang punya resep.. Pak Sahak Pribadi yang murah resep.. suka bagi2 resep maksudnya.. hehe.. Mudah-mudahan jadi sharing yang berkah ya Pak…. Amiien..(kaya’ Pak Sahak baca aja yak..:-P )

Simple cake decoration.. always :-)

•February 2, 2011 • Leave a Comment

Dalam hal cake decoration.. judul post di atas adalah mazhab saya🙂.

Karena memang selama ini dekor cake mostly untuk keperluan keluarga, jarang banget bikin pesanan (hanya kalo terpaksa aja terima pesanan..haha). BUkan karena apa-apa sih.. karena memang belum sempet kalo mesti terima2 pesenan. Kebayang deh capeknya..

Jadi mohon maaf deh kalo yang decor cake yang ada disini cenderung ngga berkonsep.. Eits.. berkonsep sih.. konsepnya whatever cake decoration.. haha.. ALias ngasal… But it is fun indeed…🙂

Apalagi bikinnya ditemenin ama pipi tembem dibawah ini…

 

Kepiting saos padang…

•January 28, 2011 • 1 Comment

Hmm.. percaya gak kalo yg punya blog jarang masak? Hehe..  Daily hanya masak kalo dinnernya(yang sudah disiapkan oleh ibu)  ngga sesuai sama selera misua.. Itupun masak yg instant.. secara pulang udah waktu dinner jadi yang paling sering udang ditumis, kangkung di tumis juga.. dadar telor..  basic banget kan… ngga perlu mikir bikinnya…

Nah, kalo sabtu minggu, baru deh… keluarin buku resep.. atau googling cari ide masak apa.. kadang discuss dulu ama misua mau makan apa.. tapi sekalinya nanya.. huhuhu… bikin nyesel deh.. secara doi perfeksionis sekaleee… Ngeliat resep aja protess.. kenapa gak pake ini.. kenapa pake itu..  Jangan ditanya ya kalo makanannya udah jadi… protesnya bakal berlanjut..😀. Alhamdulillah sudah terbiasa..  jadi diambil positifnya saja.. ( Luv u still dear.. 😉 )

Salah satu contoh kasus ya ini.. trial kepiting saos padang..   Resepnya combine berbagai resep dari inet..  Hasilnya? Enaakk …  Misua bilang awalnya warnanya ngga as expected.. tapi setelah di coba enaak kokk… Ngga pake cabe banyak2 lah.. lagi mahal bokk.. lagian ini salah satu favenya Faiz.. jadi biar Faiz tetep bisa makan.. cabe merahnya sedikit dikurangi..

 

Market Day

•January 19, 2011 • Leave a Comment

Salah satu hal menarik dari sekolah Faiz adalah, adanya event tiap pekan yg bernama Market Day. Tiap anak boleh berjualan produk andalannya di aula pada Market Day. 

Well..  meski kadang absen dalam event ini, Faiz cukup bertanggungjawab lah sebagai businessman.. hehe. Meski kadang ngga peduli berapa hasil jualannya, at least.. he can sell..  Untuk ukuran seorang anak yg kalo diminta menyampaikan salam ke bu Guru kadang komplen ngga mau .. (karena doi pemalu sekaliii). Setap malam nya setelah market day, Ayah dan BUnda meminta laporan penjualan, plus laporan keuangannya. Of course yg ditanya jawabnya super ogah-ogahan..😀.

Ini salah satu produk Faiz..   . Kata Bu Guru Faiz baik sekali… jualannya selalu harga 1000…  Mau??

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.